Kurban 2011

Idul Adha merupakan hari besar kedua bagi umat Islam setelah hari raya Idul Fitri. Tepat pada tanggal 6 November 2011 yang lalu, umat Islam di seluruh Indonesia merayakan hari raya kurban sebagai bentuk ibadah dan keto'atan kepada Allah SWT. Begitu pula dengan warga Tegalsari & Sukomulyo, Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, tidak ketinggalan untuk menyemarakkan hari raya kurban. Acara penyembelihan hewan (sapi dan kambing) dihadiri oleh semua kalangan mulai dari anak² hingga dewasa, bahkan orang lansia pun ikut membantu pelaksanaan acara.
Di tempat kami, alhamdulillah, untuk tahun 2011 ini semakin meningkat jumlah hewan kurbannya. Itu menunjukkan bahwa angka prosentase ekonomi warga Tegalsari & Sukomulyo semakin meningkat. Persiapan acara sudah dimulai satu bulan sebeluh hari raya, mulai dari pembentukan panitia, pendataan jumlah hewan kurban, serta penempatan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Hari pertama setelah solat Ied, seluruh warga langsung berbondong-bondong mendatangi halaman Masjid Baiturrohman, dimana tempat tersebut menjadi sentral pelaksanaan acara.
Masjid Baiturrohman, Tegalsari, Kadipiro, Surakarta

Warga begitu antusias di dalam pelaksanakan penyembelihan hewan kurban, bahkan pembagian tugas untuk masing² individu terbagi dengan sangat sistematis. Sehingga pelaksanaan acara semakin efektif dan cepat selesai. Penyembelihan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Setelah itu dilanjutkan dengan proses pengkulitan, penimbangan daging, dan pembagian daging hewan kurban kepada warga sekitar. Selanjutnya dilaksanakan acara terakhir yaitu, bersih² lingkungan masjid. Hal ini memang sudah rutin dilakukan, selain itu juga pada hari berikutnya yaitu pada tanggal 7 November 2011 (hari ke-2 idul adha) adalah khusus untuk acara remaja. Dimana tahun 2011 ini remaja Tegalsari & Sukomulyo melaksanakan Lomba Memasak dengan Bahan Pokok Bakso.


Pemuda² yang begitu bersemangat! ^^'

Hewan sapi yang siap disembelih keesokan harinya, nunggu antrean :D

Warga bersama-sama berusaha untuk menenangkan dan menahan sapi yang akan disembelih

Wujud nyata kerukunan dan kekompakan warga Tegalsari & Sukomulyo

Salah satu remaja yang dengan sigap memotong daging kurban

Tingkah lucu anak² pada saat acara kurban (ini bukan propaganda lho, just for fun ^^' )

Salah satu warga yang mendapat jatah NGOBONG kepala dan kaki hewan kurban

Rukun kompak, kerjasama yang baik, SEMANGAT! ^^'

Proses pembersihan dan pencucian "jeroan" atau istilah kerennya "njlodot" :D

Suasana ketika mencuci "jeroan", ngomong² yang ngambil photo nganggur dong? :D

Kayaknya pemuda di belakang kaos hijau sudah tidak bersabar untuk menikmati daging kurban :D

Camera! One...Two...Three... ACTION!!!!! :D
 Secara keseluruhan, alhamdulillah ya ^^' acara kurban warga Tegalsari dan Sukomulyo berjalan dengan aman, selamat, lancar dan barokah. Semoga kesejahteraan senantiasa menyertai kita semua. Dan semoga tahun 2012 yang akan datang, kita masih bisa berkumpul bersama untuk melaksanakan amalan ibadah ini, yang sangat luar biasa pahalanya di hadapan Allah SWT. ^^'

0 comments:

Silakan berkomentar